call centre

0341 7744085

lufias

Senin, 27 Februari 2012

makalah sejarah khairuddin


KATA PENGANTAR
Sebelumnya kami mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang
telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kami , sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Terdorong oleh rasa ingin tahu , kemauan , kerja sama dan kerja keras , kami kerahkan seluruh upaya demi mewujudkan keinginan ini.
Semoga tulisan ini dapat memenuhi kewajiban kami dalam tugas sejarah materi kembali ke-NKRI.
Adapun harapan kami, semoga tulisan ini dapat menambah wawasan
pembaca mengenai kembali ke-NKRI. Kami menyadari bahwa makalah kami ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi
kesempurnaan makalah ini.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I 1
PENDAHULUAN 1
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Rumusan Masalah 2
1.3 Tujuan 3
BAB II 3
LANDASAN TEORI 4
BAB III 5
PEMBAHASAN 5
BAB IV 6
PENUTUP 6
A. KESIMPULAN
B. SARAN
DAFTAR PUSTAKA 7

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Tentu kalian masih ingat bukan dengan penderitaan rakyat pada masa kolonial Belanda?Penderitaan rakyat itu diakibatkan adanya berbagai kebijakan kolonial yang merugikan rakyatIndonesia. Bagaimana perasaan kalian jika melihat rakyat kecil ditindas oleh penjajah? Tentumerasa sakit dan ingin memberontak, bukan? Demikian halnya yang dialami oleh paramahasiswa dan pemuda masa itu. Mereka, khususnya mahasiswa STOVIA berusahamengadakan perlawanan dengan cara yang halus mengingat cara pertempuran fisik selalumengalami kegagalan. Berangkat dari kesadaran dan kemauan untuk melawan, maka mulaimuncul berbagai organisasi pergerakan. Meskipun masing-masing organisasi memiliki asasdan cara perjuangan yang berbeda-beda, mereka tetap mempunyai satu tujuan yaitu mencapaikemerdekaan. Kebulatan tekad para pemuda untuk bersatu mencapai puncaknya dengandicetuskannya Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.
Demi terwujudnya pembelajaran yang berkualitas

1.2 Tujuan
Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan dan diharapkan bermanfaat bagi kita semua



BAB II
2.1 LANDASAN TEORI
1. Perjanjian Roem-Royen
Akibat dari Agresi Militer tersebut, pihak internasional melakukan tekanan kepada Belanda,terutama dari pihak Amerika Serikat yang mengancam akan menghentikan bantuannyakepada Belanda, akhirnya dengan terpaksa Belanda bersedia untuk kembali berundingdengan RI. Pada tanggal 7 Mei 1949, Republik Indonesia dan Belanda menyepakatiPerjanjian Roem Royen.
2. KMB (Konferensi Meja Bundar) Konferensi Meja Bundar
adalah sebuah pertemuan antara pemerintah Republik Indonesiadan Belanda yang dilaksanakan di Den Haag, Belanda dari 23 Agustus hingga 2 November1949. Yang menghasilkan kesepakatan:
• Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia Serikat (RIS) .
• Irian Barat akan diselesaikan setahun setelah pengakuan kedaulatan
3. UUDS 1950
Pada tanggal 15 Agustus 1950, Presifen Soekarno menandatangani Rancangan Undang-Undang Dasar menjadi Rancangan Undang-Undang Dasar Semestara yang kemudian dikenaldengan UUDS 1950 sebagai konstitusinya.
4. Pengeluaran Dekret Presiden 1959 dan kembali ke NKRI
Dekret Presiden 1959 dilatarbelakangi oleh kegagalan Badan Konstituante untuk menetapkanUUD baru sebagai pengganti UUDS 1950. Anggota konstituante mulai bersidang pada 10November 1956. Namun pada kenyataannya sampai tahun 1958 belum berhasil merumuskanUUD yang diharapkan. Sementara, di kalangan masyarakat pendapat-pendapat untuk kembalikepada UUD '45 semakin kuat. Dalam menanggapi hal itu, Presiden Soekarno lantasmenyampaikan amanat di depan sidang Konstituante pada 22 April 1959 yang isinyamenganjurkan untuk kembali ke UUD '45. Pada 30 Mei 1959 Konstituante melaksanakanpemungutan suara. Hasilnya 269 suara menyetujui UUD 1945 dan 199 suara tidak setuju.Meskipun yang menyatakan setuju lebih banyak tetapi pemungutan suara ini harus diulang,karena jumlah suara tidak memenuhi kuorum. Kuorum adalah jumlah minimum anggota ygharus hadir di rapat, majelis, dan sebagainya (biasanya lebih dari separuh jumlah anggota)agar dapat mengesahkan suatu putusan. Pemungutan suara kembali dilakukan pada tanggal 1dan 2 Juni 1959. Dari pemungutan suara ini Konstituante juga gagal mencapai kuorum.Untuk meredam kemacetan, Konstituante memutuskan reses (masa perhentian sidang[parlemen]; masa istirahat dari kegiatan bersidang) yang ternyata merupakan akhir dari upayapenyusunan UUD.


BAB III
PEMBAHASAN

3.1 Dasar Pemikiran
Perasaan akan timbulnya nasionalisme bangsa Indonesia telah tumbuh sejak lama, bukan secara tiba-tiba.
3.2 Pengertian dan Tujuan NKRI

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah Negara kesatuan yang meliputi persatuan seluruh wilayah Indonesia dari sabang sampai merauke.
Tujuan Negara Republik Indonesia adalah :
1.melindungi segenap bangsa Indonesia
2.memajukan kesejahteraan umum
3.mencerdaskan kehidupan bangsa
4.dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan abadi dan adil.

BAB IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
Dibalik semua permasalahan yang saya sebutkan di atas, kita bangsa Indonesia harus bangga dengan kemerdekaan Negara kita yang bukan pemberian dari penjajah. Namunhasil perjuangan para pejuang kemerdekaan dimasa kemerdekaan dulu yang rela berkorban atas apapun yang penting Negara kita mendeka, bahkan nyawa sekalipun..Sekarang, seharusnya kita sebagai pemuda juga harus memiliki semangat seperti pejuangdulu, namun cara kita saja yang berbeda. Kita hanya terus melanjutkan perjuangan ini agar bagaimana kedepannya Negara kita Indonesia ini bisa menjadi negara yang majudisegala bidang dengan tidak melupakan sila-sila yanga ada dalam pancasila..

4.2 SARAN
Sedikit saran yang bisa saya berikan adalah sebagai berikut :
1.Sikap perjuangan para pemuda saat kemerdekaan dulu, sebaiknya harus sema dengansikap pemuda zaman sekarang dalam menghadapi masalah Negara maupun masalahpribadi. Kini banyak para pemuda yang mudah putus asa menyelesaikan suatu masalah.Misalnya, diberi tugas buat makalah saja, sudah ada yang mengeluh. Coba lihat pemudadulu, mereka susah payah pegang bambu runcing untuk melawan penjajah, keluar masuk.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.scribd.com/doc/47004741/Makalah-PKN-Sejarah-Kemerdekaan-Indonesia
http://yudhim.blogspot.com/2008/01/contoh-makalah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

$0A