Langganan:
Posting Komentar (Atom)
History
Konsep dasar
· Etika adalah pedoman dalam bersikap dan berprilaku yang di dalamnya berisi garis besar yang bernilai moral dan norma yang mencerminkan masyarakat kampus yang ilmiah,edukatif,kreatif,santun dan bermartabat
· Pembentukan sikap,kepribadian,moral dan karakter sosok seorang guru/pendidik harus di mulai sejak mahasiswa calon guru/pendidik memasuki dunia pendidikan tenaga kependidikan(LPTK)
Etika umum
· Memiliki sikap jujur,optimis,kreatif,rasional,mampu berfikir kritis,rendah hati,demokratis,sopan,mengutamakan kejujuran akademik,menghargai waktu,da terbuka terhadap perkembangan ipteks
· Mampu merancang,melaksanakan dan menyelesaikan studi dengan baik
· Mampu menciptakan kehidupan pembelajaran yamg aman,nyaman,bersih,tertib dan kondusif
· Mampu bertanggung jawab secara moral,spiritual dan social untuk mengamalkan ipteks
Etika khusus
· Berpakaian rapi,bersih,sopan,serasi dengan konteks keperluan
· Bergaul,bertegur sapa dan bertutur kata dengan sopan wajar ,simpatikedukatif,bermakna sesuai dengan norma moral yang berlaku
· Mengembangkan iklim penciptaan karya ipteks yang mencerminkan kejernihan hati nurani,bernuansa pengabdian pada Tuhan YME,dan mendorong pada kualitas hidup kemanusiaan
Etika profesi
· Memiliki kepribadian yang tangguh yang bercirikan taqwa kepeda Tuhan Yang Maha Esa,berakhlak mulia,kreatif dan mandiri
· Memiliki wawasan kependidikan,psikologi,budaya peserta didik dan lingkungan
· Mampu melaksanakan praktik bimbingan dan konseling secara professional
· Mampu memecah berbagai persoalan yang menyangkut bimbingan konseling
· Mampu mengembangkan dan memprakktekan kerja sama dalam bidangnya dengan pihak terkait
· Memiliki wawasan psiko-sosial kependidikan dan kemampuanmemberdayakan warga belajar dalam konteks lingkungan
· Memiliki pengetahuan tentang hakikat,tujuan,prinsip evaluasi pendidikan
· Mampu menerapkan fungsi menejemen kepemimpinan pendidikan dalam berbagai konteks
· Memiliki wawasan tentang filosofi,strategi dan prosedur pengambangan,pelaksanaan dan evaluasi kurikulum untuk berbagai konteks
· Memiliki wawasan yang luas tentang teknologi pembelajaran
· Mampu menerapkan berbagai prinsip teknologi pembelajaran dalam berbagai konteks
· Mampu memecahkan masalah pendidikan melalui teknologi pembelajaran
· Mampu mengembangkan dan mempraktikan kerja sama dalam bidangnya dengan pihak terkait
Copyright © Chairo Go Sweet Theme by ChocoTemplates.com & Blogger Themes Sponsored by Busy Buzz Blogging
Tidak ada komentar:
Posting Komentar